by

Pilkada 2020: Bawaslu Sidoarjo Buka Pendaftaran Panwaslu Kelurahan/Desa

-Politik-51 views

SIDOARJOKINI – Menjelang pemilihan  bupati dan wakil bupati Kabupaten Sidoarjo tahun 2020, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terus melakukan berbagai persiapan. Di antaranya yakni melakukan rekrutmen Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslu) kelurahan dan desa.

“Kami akan melakukan rekrutmen Panwaslu kelurahan/desa mulai tanggal 10 Februari ini. Setiap kelurahan/desa dibutuhkan 1 orang pengawas Pilkada 2020, jadi total yang dibutuhkan semuanya yakni 349 orang untuk se-kabupaten Sidoarjo,” ucap Ketua Bawaslu Sidoarjo, Haidar Munjid, Senin (10/2/2020), sebagaimana dikutip situs sidoarjo.bawaslu.go.id.

Haidar mempersilakan bagi masyarakat Sidoarjo yang ingin bepartisipasi dalam pengawasan pemilihan bupati dan wakil bupati Sidoarjo 2020 untuk mendaftarkan diri di kantor Panwaslu kecamatan masing-masing. Ditargetkan Panwaslu kelurahan/desa sudah terbentuk dan dilantik pada 13 Maret 2020 mendatang.

Haidar menjelaskan, tugas Panwaslu kelurahan/desa diantaranya yakni mengawasi tahapan di tingkat kelurahan/desa. Seperti pelaksanaan pemutakhiran data pemilih berdasarkan data kependudukan dan penetapan daftar pemilih sementara, daftar pemilih hasil perbaikan, dan daftar pemilih tetap, melakukan pengawasan  proses verifikasi faktual dukungan calon perseorangan jika ada pasangan calon perseorangan yg mendaftar diri ke KPU.

Kemudian memantau pelaksanaan kampanye, perlengkapan pemilihan dan pendistribusiannya, pelaksanaan pemungutan suara dan proses penghitungan suara di setiap TPS, pengumuman hasil penghitungan suara di setiap TPS, serta memantau pengumuman hasil penghitungan suara dari TPS yang ditempelkan di sekretariat PPS.

“Selanjutnya Panwaslu kelurahan/desa ini juga bertugas untuk memantau penyampaian surat suara dari TPS sampai ke PPK dan pelaksanaan penghitungan. Nanti mereka akan berkoordinasi dengan Panwaslu kecamatan,” pungkas Haidar.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed