by

Biografi Agung Sudiyono (4): Masuk Bangku Cadangan di SMAN, Memutuskan Masuk SMA Muhammadiyah

-Tokoh-111 views

Selepas SMP Negeri 5 Agung Sudiyono melanjutkan ke sekolah menengah atas. Agung mendaftar di salah satu SMA Negeri di kawasan Kenjeran, Surabaya.

Karena prestasi akademiknya di SMP pas-pasan maka Agung diterima di garis cadangan. Bisa masuk dengan catatan harus membayar uang bangku, Rp 400.000.

Agung tahu orangtuanya datang ke sekolah, ketika disuruh menghadap kepala sekolah, hanya membawa uang Rp 125.000 untuk daftar ulang.

Karena uangnya tidak cukup, ibunya pamit pulang dan janji akan membayar di kemudian hari.

Agung mencegat ibunya. “Sudah Bu, saya tidak usah sekolah negeri,” kata Agung pada ibunya.

“Lho kenapa? Tidak apa-apa. Nanti ibu carikan (uang kekurangannya),” kata ibunya.

Agung tahu mencari kekurangan Rp 275.00 cukup berat bagi orantuanya. Bagi keluarganya, uang 275.000 terbilang besar.

Agung akhirnya memutuskan sekolah di swata. Agung memilih sekolah berdasarkan brosur-brosur yang dibagikan di depan SMA tersebut.

Agung tertarik pada salah satu SMA swasta, yaitu SMA Muhammadiyah I. Agung memilih sekolahan ini karena murah, hanya Rp 110.000.

Memilih SMA Muhammadiyah, selain faktor bayarnya murah, Agung juga ingin membuktikan kepada orangtuanya bahwa dia sudah tobat. Agung ingin menebus kekecewaan orangtuanya ketika masih di SMP.

Saat masih di SMP, Agung sempat ikut-ikutan pergaulan teman-temannya. Biasa masa-masa usia transisi, masa pencarian jati diri. Hingga akhirnya bapaknya dipanggil pihak sekolah dan diberi peringatan.

Ketika ayah teman-temannya memarahi anaknya, ayahnya hanya menasehati agar Agung punya prinsip dan bisa memilah-milah mana pergaulan yang benar dan tidak.

Agung meninggalkan SMAN tersebut. Pulang naik angkutan umum. Sesampai di Jl. Kapasan Agung turun di depan SMA Muhammadiyah I. Saat itu juga Agung mendaftar. Rp 110.000 sudah lengkap dapat baju seragam.

Di SMA Muhammadiyah I inilah Agung mengawali untuk hidup mandiri. (res/bersambung)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed