by

BUMDesa Makmur Sejahtera Fasilitasi Warga Sukodono dengan Gladiol Convention Hall

SIDOARJOKINI – Bagi warga Kec. Sukodono yang membutuhkan gedung serba guna untuk resepsi pernikahan atau iven lainnya, sekarang tidak perlu jauh-jauh. Di Jl. Imam Bonjol, tepatnya timur kantor Telkom Sukodono, telah berdiri Gladiol Convention Hall (GCH).

GCH yang dibangun Oktober 2017 ini berdiri di atas lahan 2000 m2. Dengan luas fisik bangunan 600 m2 meter, GCH bisa menampung 1000 orang lebih.

Berbagai iven bisa dilakukan di gedung yang 4 Januari 2020 resmi dilaunching dengan menghadirkan Sabrang (Mowo Damar Panuluh) atau Neo Letto.

Hebatnya, GCH ini milik dan dikelola oleh BUMDesa Makmur Sejahtera Desa Pekarungan, Kec. Sukodono, Kab. Sidoarjo.

“Sejak dilaunching sudah berbagai iven diselenggarakan di Gladiol Convention Hall, mulai dari resepsi pernikahan hingga pelantikan partai. Gedung ini bukan hanya untuk warga Sukodono, tapi siapa saja yang membutuhkan silakan pakai,” kata Ketua BUMDesa Makmur Sejahtera, Moejiono, didampingi Sekretarisnya, Ema Kurnia.

GCH mempunyai panggung permanen sepanjang 14 meter, bisa untuk pelaminan atau pentas seni. Fasilitas 2 unit toilet, kamar ganti dan privacy. GCH ditunjang lahan parkir yang luas.

Hanya saja, diakui oleh Moejiono, saat ini GCH belum mempunyai AC atau kipas angin. Lantainya pun masih rabat.

“Kami belum mempunyai kipas angin dan AC. Sementara penyewa menyewa kipas angin dari luar. Dengan 8 unit kipas angin besar sudah cukup,” kata Moejiono.

BUMDesa Makmur Sejahtera menyadari bahwa GCH belum sempurna. Penyempurnaan dilakukan bertahap. Seperti lantai rabat dan lantai area parkir yang masih berupa tanah.

“Membuat lantai di dalam gedung saja, dengan granit, membutuhkan dana sekitar Rp 180 juta,” kata Ema Kurnia kepada sidoarjokini.com.

Apakah warga di Desa Pekarungan atau Kecamatan Sukodono membutuhkan gedung untuk resepsi pernikahan?

“Sekarang banyak perumahan dan warga tidak mempunyai lahan pekarangan yang luas. Dibanding hajatan di rumah, harus sewa terop dan menutup jalan. Sewa di Gladiol lebih murah, apalagi parkirnya luas dan tidak dibatasi waktu loading,” kata Ema.

Penyewaan GCH dibagi tiga paket. Paket A sewa Rp 3,5 juta/hari, hanya berupa gedung saja. Paket B sewa Rp 5 juta/hari, fasilitas dokumentasi video, live event 2 LCD proyektor, dan paket C sewa Rp 7 juta/hari mendapat dokumentasi video, live event 2 LCD proyektor, sound system dan 100 kursi.

Untuk ivent umum mendapat bonus promo baner acara ukuran 2×3 m, dipasang di depan gedung.

Dikatakan oleh Ema, pembangunan GCH yang menelan dana Rp 2,1 milyar ini tidak lepas dari peran dan jasa H. Moh. Ainur Rohman (mantan Camat Sukodono) dan Sri Udjiati Effendi (mantan Kades Pekarungan).

“Kami juga beterima kasih kepada Kejaksaan Negeri Sidoarjo yang mengawal kami selama proses pembangunan Gladiol dari awal sampai selesai,” kata Ema. (res)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *