3.8 C
New York
Saturday, November 27, 2021

Buy now

Wisata Bahari Tlocor Kembali Beroperasi

SIDOARJOKINI – Wisata Bahari Tlocor (WBT), Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo, kini mulai beroperasi lagi. Pengunjung diharuskan mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat.

Manager Operasional merangkap Humas Wisata Bahari Tlocor, Alfina Damayanti, mengatakan, selama masa tatanan kehidupan baru ini tidak ada rombongan, yang banyak perorangan. Setiap Sabtu-Minggu. Jumlah pengunjung mencapai kurang lebih 500 orang. Sebelum terjadinya virus Corona tercatat 1500 pengunjung dan hari biasa 500 pengunjung.

“Setiap pengunjung di WBT dan Pulau Lusi harus mematuhi protokol kesehatan. Sebelum naik bis wisata, disamping harus memakai masker, cuci tangan, juga periksa suhu badan, jaga jarak dan menjauhi kegiatan berkelompok,” kata Alfina Damayanti.

Bis wisata yang sebelumnya diisi 30 orang penumpang, selama masa tatanan baru ini menjadi 15 orang. Rombongan naik bis wisata waktunya diatur agar berkumpul beberapa rombongan. Sedangkan waktu berkunjung di Pulau Lusi hanya satu setengah jam saja.

Alfina berharap pandemi Covid-19 segera berlalu, sehingga operasional WBT dapat berjalan normal seperti sedia kala. “Ya, keberadaan WBT menghidupi orang banyak, untuk itu jika operasional berhenti kami prihatin,” kata Alfina.

Tarif bis wisata untuk dewasa Rp 25.000. anak-anak Rp 15.000. balita Rp 5000.dan speed boat Rp 200.000 (3 orang). Bis wisata ini dengan rute dari dermaga Tlocor ke muara Kali Porong dan Pulau Sarinah. Jam operasional Pk 07.00 hingga 16.00 WIB.

Beberapa tahun terakhir BUMDesa Mitra Abadi Desa Tlocor sebagai pengelola WBT terus meningkatkan pengembangannya, baik menyangkut pelayanan maupun sarana-prasaranannya.  WBT yang berdiri 3 tahun lalu ini sekarang memiliki armada 4 unit bis air, 2 unit speed boat dan didukung Pokdarwis beranggotakan kurang lebih 60 orang terdiri anggota PKK, kader PKK dan karang taruna.

“Usaha yang dilakukan berupa penyediaan kuliner, souvenir dan pengelolaan wahana dan dermaga,” kata Alfina. Ditambahkan, pengembangan wahana di kawasan WBT diarahkan melengkapi permainan anak-anak dan penyediaan foto board yang menarik dan berkesan. (km)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Latest Articles