Beranda ANEKA JASA Penyandang Disabilitas se-Sidoarjo Deklarasikan Dukungan untuk BHS-Taufiq

Penyandang Disabilitas se-Sidoarjo Deklarasikan Dukungan untuk BHS-Taufiq

SIDOARJOKINI – Penyandang disabilitas se-Sidoarjo mendeklarasikan diri mendukung pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Sidoarjo, Ir. H. Bambang Haryo Soekartono (BHS) dan H. Moh. Taufiqulbar, M.Si.

Deklarasi diucapkan oleh salah satu perwakilan penyandang disabilitas, Topan, dan disaksikan penyandang disabilitas se-Sidoarjo yang tergabung dalam Persatuan Penyandang Cacat Mandiri (PPCM) Sidoarjo, Himpunan Wanita Disabilitas (HWDI) Sidoarjo, Gerakan Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin), Paguyuban Pejuang Tuna Netra (PPTN), Perkumpulan Disabilitas Sidoarjo Mandiri (PDSM), dan Muslimah Tuli Jawa Timur (MTJ).

Mei (kanan) penyandang disabilitas rungu wicara memeluk hangat istri BHS, Hj. Asrilia Kurniati saat menyampaikan aspirasinya.

Deklarasi dukungan kepada paslon Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo Nomor 1 bertajuk “Deklarasi Saudara-Saudari Disabilitas Se Sidoarjo” dilakukan di Ballroom Hotel Luminor Sidoarjo, Kamis (19/11) lalu.

Pada kesempatan itu, istri calon Bupati Sidoarjo BHS, Hj. Asrilia Kurniati bersama istri Moh. Taufiqulbar, Nayla, menyosialisasikan program kerja BHS-Taufiq. Mereka juga melakukan dialog dan mendengarkan curahan hati kaum disabilitas.

Mei, gadis cantik penyandang disabilitas rungu wicara tampak riang bertemu dengan Asrilia. Dia langsung memeluk hangat istri calon orang nomor 1 di Sidoarjo itu dengan wajah sumringah. Pada pertemuan itu Mei menyampaikan keinginannya agar bisa berkomunikasi dengan masyarakat melalui bahasa isyarat. Dia mengeluhkan belum adanya pelatihan bahasa isyarat di Sidoarjo. Melalui Juru Bahasa Isyarat, Mei juga menceritakan kehadiran komunitasnya saat berkumpul di Alun-alun Sidoarjo kurang mendapat perhatian masyarakat.

Keluhan lain disampaikan Ibu Lilis. Penyandang disabilitas netra ini mengeluhkan layanan kesehatan dan fasilitas di Puskesmas yang belum ramah terhadap kaum disabilitas.

Mendengar suara hati kaum disabilitas Asrilia tak kuasa menahan air matanya. Dia pun berjanji jika suaminya diamanahi menjadi Bupati akan memprioritaskan kaum disabilitas. “Percayalah, kalau Pak BHS nanti terpilih sebagai Bupati Sidoarjo, aspirasi kaum disabilitas pasti akan saya minta menjadi prioritas dalam membangun Sidoarjo,” kata Asrilia.

Dikatakan Asrilia, BHS-Taufiq memiliki program kerja untuk membuat tempat khusus bagi kaum disabilitas dan memberikan pelatihan.

“Pelatihan, pembimbingan, apalagi tadi ada pertanyaan bagaimana kalau kami punya keahlian seperti handycraft, melukis, atau apapun yang mereka bisa ngelas motor, buat motor itu akan kita fasilitasi tempatnya, di sini di Kabupaten Sidoarjo akan membangun tempat khusus untuk para saudara-saudari disabilitas bisa berkumpul, bisa berkreativitas, dan bisa bersilahturahmi dengan kegiatan-kegiatan yang positif agar mereka bisa berjaya di tanah kelahiran mereka sendiri,” ujar wanita yang menjabat sebagai Ketua Umum Peace and Love Jawa Timur ini.

Pernyataan Asrilia ini di-Aamiin-i dan disaksikan sang suami sebagai calon Bupati Sidoarjo, BHS, yang hadir untuk menampung aspirasi kaum disabilitas. (rr)

Keterangan foto utama: Penyandang disabilitas se-Sidoarjo mendeklarasikan dukungannya untuk BHS-Taufiq

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Masukkan nama anda

Berita Terkini

Berita Terpopuler