Beranda Ekonomi Tumisan Ikan Penuhi Gizi di Masa Pandemi ala Vivi Ghufriana Yuwanita

Tumisan Ikan Penuhi Gizi di Masa Pandemi ala Vivi Ghufriana Yuwanita

SIDOARJOKINI – Nasi bakar makin nikmat disantap dengan ikan asap olahan. Sebut saja olahan dari ikan tuna asap atau ikan cakalang asap. Vivi Ghufriana Yuwanita, terinspirasi untuk menghadirkan produk ‘topping ikan’ nasi bakar siap saji. Dengan mengusung brand Tuman atau Tumisan Ikan, dia mengemas olahan ikan untuk penikmat nasi bakar di mana pun berada.

Vivi menuturkan awalnya dia hanya menjual nasi bakar melalui aplikasi layanan pesan antar makanan dan jejaring sosial Facebook. Setiap pecan dia menggeber dagangannya di kawasan Car Free Day di Taman Abhirama Sidoarjo. Rupanya teman-teman Vivi yang berada di luar kota dan luar Jawa penasaran ingin merasakan nasi bakarnya. Vivi bingung karena tidak bisa mengirim nasi bakar hingga luar pulau.

Mulailah Vivi berpikir untuk menciptakan olahan ikan siap saji yang dikemas dalam kaleng. Dengan produk yang mampu bertahan 6 bulan jika tersimpan dalam keadaan tertutup dengan suhu ruangan Vivi bisa memasarkan dan mengirimkan produknya hingga ke penjuru Indonesia. Produk yang berhasil dibuatnya ini diberi nama Tumisan Ikan atau Tuman bisa dinikmati dengan nasi bakar, nasi kuning atau mie. 

Usaha yang dirintisnya sejak tahun 2019 ini mendapat respon positif dari customer di dunia maya. Terutama tumisan ikan tuna yang menjadi best seller. Meski tumisan ikan tuna menjadi produk yang paling banyak diburu, Vivi berusaha membuat varian lain agar customer punya pilihan rasa. Terdapat 7 varian yang sudah tersedia, di antaranya ikan tuna asap, ikan cakalang asap, ikan salem asap, ikan dori, dan cumi-cumi.

Dalam pembuatan tumisan ikan Vivi hanya membuat 1 varian rasa setiap hari. Dia dibantu 4 orang karyawan yang bertugas mulai dari persiapan hingga pemasangan label produk.

“Dalam satu hari itu saya usahakan maksimal di satu varian, nanti lain hari baru varian yang lain. Jadi memang fokus di satu hari kita untuk satu varian. Misalkan tuna, jadi mulai dari persiapan ikannya, pembersihan, bumbu-bumbu khusus tuna. Jadi kalau untuk masak tunanya sendiri sekitar 2 jam-an. Cuma yang lama waktu persiapannya kayak ngupas-ngupas bawangnya, kan lumayan (lama),” ucap Vivi.

Dia didukung 3 supplier khusus ikan tuna. Sebab banyaknya permintaan tumisan ikan tuna membuat Vivi tidak boleh kehabisan bahan baku. Jika satu supplier kehabisan stok ikan dia bisa beralih ke supplier yang lain.(res)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Masukkan nama anda

Berita Terkini

Berita Terpopuler