Beranda Headline Rimpang–rimpang Perkasa Pahlawan Masa Pandemi

Rimpang–rimpang Perkasa Pahlawan Masa Pandemi

SIDOARJOKINI – Rimpang, atau yang dalam bahasa Jawa disebut sebagai empon–empon, sudah lama dikenal sebagai bahan ramuan obat tradisional. Hal itu membuat pamor rimpang meroket selama masa pandemi ini. Orang banyak memburu rimpang untuk dijadikan bahan penguat daya tahan tubuh, atau bahkan penyembuh alternatif selain obat–obatan konvensional. Simak beberapa rimpang yang masyhur ini.

Jahe

Rimpang yang memiliki nama latin Zingiber officinale ini memiliki kandungan aktif gingerol yang bersifat sebagai antioksidan. Bahan tersebut melindungi lemak/membran dari proses oksidasi, serta mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Jahe umum digunakan sebagai obat batuk, demam, eksim, influenza, menambah nafsu makan, memperkuat lambung, rematik, gangguan syaraf muka, memperbaiki pencernan dan menyembuhkan sesak dada.

Temulawak

Masih berkerabat dekat dengan jahe, rimpang bernama latin Curcuma zanthorrhiza ini sudah jamak digunakan secara turun–temurun sebagai obat diare, maag, perut kembung, pegal-pegal dan sakit kuning. Selain itu temulawak juga dipercaya dapat membantu menurunkan lemak darah, mencegah penggumpalan darah, serta meningkatkan daya kekebalan tubuh.

Kunyit

Kandungan bahan aktif yang terdapat dalam kunyit sangat beragam, antara lain camphor, caprillic acid, cineol, curcumin, methoxinnamic acid, turmeron, dan zingeberenne. Rimpang yang bernama latin Curcuma longa ini sering digunakan sebagai pembersih perut dengan cara melepaskan kelebihan gas di usus. Bahan ini juga dapat digunakan untuk menghentikan pendarahan, mencegah pengentalan darah, anti gatal, anti kejang, dan yang terutama, anti radang.

Kencur

Meski terkenal sebagai jamunya anak–anak, kencur tak bisa dipandang sebelah mata. Kandung berbagai minyak asiri dalam rimpang dengan nama latin Kaempferia galanga ini mampu membabat habis mulai dari batuk, kembung dan mual karena masuk angin, masalah pencernaan, sampai menjadi bahan anti inflamasi, antiseptik, antipasmodik, dan menambah daya tahan tubuh.

Laos/Lengkuas

Selain menjadi bahan penyedap masakan, laos (Alpinia galanga) ampuh mengobati berbagai penyakit kulit seperti kudis, koreng dan borok. Ia juga dimanfaatkan sebagai obat tetes telinga, penghangat badan, pelancar kemih, penguat empedu, memperbaiki pencernaan, meningkatkan nafsu makan, meredakan gangguan perut, serta mengeluarkan lendir dari saluran napas dan meredakan nyeri dada.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Masukkan nama anda

Berita Terkini

Berita Terpopuler