Beranda Berita Ini Dia Negara–negara Paling Bahagia di Dunia Hasil Survei Tahun 2021

Ini Dia Negara–negara Paling Bahagia di Dunia Hasil Survei Tahun 2021

SIDOARJOKINI – Negara mana saja di muka bumi ini yang penduduknya terbilang paling bahagia? Berikut daftarnya menurut World Happiness Report, survei tahunan yang dilakukan oleh Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan PBB. Diluncurkan sejak tahun 2012, survei tersebut menyusun peringkat kebahagiaan global negara–negara di seluruh dunia.

Pada tahun–tahun sebelumnya, ahli statistik mendasarkan peringkat pada data dukungan sosial, kebebasan pribadi dan sipil, harapan hidup, pendapatan per kapita dan tingkat korupsi berdasarkan wawancara pada warga di setiap negara anggota PBB. Tetapi tahun ini agak berbeda. Selain kriteria biasa, laporan tahun 2021 juga menganalisis tanggapan emosional masyarakat terhadap pandemi virus corona yang sedang berlangsung, bagaimana pemerintah menghadapinya, dan bagaimana kepercayaan pada pemerintah itu sendiri terkait dengan tingkat kebahagiaan. Inilah sepuluh teratas, disusun dalam urutan menurun.

  1. Austria

Ini adalah negara berpenghasilan tinggi dengan layanan sosial yang baik. Orang Austria lebih mengutamakan gaya hidup dan kebebasan untuk menikmatinya. Ibu kota Austria, Wina, pun memiliki prestasinya sendiri yang bertahan selama beberapa tahun terakhir, yakni sebagai kota paling layak huni di dunia.

  1. Selandia Baru

Negara ini adalah satu–satunya negara non–Eropa yang masuk 10 besar. Selandia Baru memberikan kualitas hidup yang tinggi bagi warga negaranya secara konsisten, serta menjunjung tinggi hak keseimbangan antara hidup dan pekerjaan. Pada tahun lalu, perdana menteri Jacinda Ardern juga dipuji atas penanganannya yang cepat dan tanggap terhadap pandemi, serta usahanya menyelamatkan Kiwi yang tak terhitung jumlahnya.

  1. Norwegia

Norwegia terakhir kali mengklaim posisi teratas pada tahun 2017 dan telah merosot lebih jauh sejak saat itu. Namun, dengan salah satu sistem jaminan sosial terbaik di dunia, serta ekonomi yang berkembang yang didasarkan pada pengelolaan sumber daya alam yang bertanggung jawab, secara kolektif hampir seluruh orang di negara ini merasa aman dan bahagia.

  1. Jerman

Meski agak terseok–seok, tahun ini Jerman akhirnya berhasil juga masuk dalam sepuluh besar. Evaluasi secara langsung pada dua survey terakhir menunjukkan peningkatan pada bidang keamanan finansial dan stabilitas keluarga. Dan, akhirnya, orang Jerman umumnya puas dengan cara para pemimpin negara itu menangani pandemi.

  1. Swedia
Swedia

Peringkat Swedia memang menurun dibandingkan tahun–tahun sebelumnya, namun negara yang sering digunakan sebagai model presentasi atas kesejahteraan hidup ala Skandinavia ini masih menjadi salah satu tempat terbaik di dunia untuk tinggal, bekerja, dan membesarkan keluarga. Itu semua berkat berkat sistem pendidikan serta pelayanan kesejahteraan keluarga yang sangat baik.

  1. Belanda

Tahun ini Belanda naik satu peringkat dari tahun kemarin, dan itu berarti warganya lebih berbahagia dari sebelumnya—dan lebih awal pula. Di Belanda kebahagiaan memang dimulai sejak muda. Serangkaian laporan dalam dekade terakhir, termasuk yang dilakukan oleh Unicef, Kantor Statistik Belanda dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), semuanya secara konsisten menunjukkan kepuasan hidup yang tinggi di kalangan remaja Belanda.

  1. Swiss

Dengan sistem pemerintahan yang paling tidak biasa di Eropa, bahkan dunia, warga negara Swiss tidak mungkin tidak bahagia. Warga negara Swiss memang banyak terlibat secara langsung dalam pemecahan isu–isu utama di negara mereka; rupanya itu tidak hanya menjadikan mereka cerdik secara politik, tetapi juga—tentu saja—bahagia.

  1. Denmark

Orang Denmark telah menduduki posisi tinggi dalam peringkat kebahagiaan dalam beberapa tahun terakhir. Pilihan gaya hidup mereka yang disebut ”hygge” sekarang diakui secara internasional. Secara umum kebahagiaan warga Denmark didasarkan pada saling menghormati terhadap lingkungan sekitar, serta pekerjaan dengan gaji yang baik, keseimbangan antara hidup dan kerja yang baik, sistem jaminan sosial yang baik, dan, tempat bersepeda yang baik—meskipun negara tersebut perlahan-lahan turun peringkatnya.

  1. Islandia

Ada sedikit cacat kecil pada orang–orang Islandia; negara kecil mereka memiliki beberapa gunung berapi aktif yang dapat meletus kapan saja, serta, jumlah mereka yang hanya 350.000 orang itu tahu benar bagaimana cara bersatu di masa–masa sulit. Itu terbukti pada krisis keuangan yang terjadi di tahun 2007. Tinggal di negara dengan iklim yang sering tak kenal ampun dan musim dingin yang panjang, orang Islandia adalah orang yang tangguh dan ramah—dan itu terlihat dalam peringkat kebahagiaan mereka.

  1. Finlandia

Menjadi negara paling bahagia di dunia selama empat tahun berturut–turut, sepertinya Finlandia telah menemukan ramuan kebahagiaan. Ramuan itu bisa jadi berupa negara dengan penghasilan tinggi, sistem pendidikan yang membuat negara lain hijau oleh rasa iri, serta, budaya perawatan diri dengan sauna dan kegiatan luar ruangan. Dan terutama pada tahun ini, Finlandia berperingkat sangat tinggi pada langkah–langkah yang diambil untuk saling membantu dan melindungi kehidupan dan mata pencaharian selama pandemi.

Sumber: euronews

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Masukkan nama anda

Berita Terkini

Berita Terpopuler