UMKM Sukodono Kenalkan Minuman “Kemaruk”, Apa itu ?

SUKODONO – Komunitas UMKM binaan Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo, punya produk unggulan baru. Namanya “Kemaruk.” Apa itu ?

Menurut Indar, Sekretaris UMKM binaan Kecamatan Sukodono ini, nama “Kemaruk” adalah singkatan dari dua kata yakni “kemangi” dan “jeruk”.

Sesuai namanya, minuman khas Sukodono ini bahan dasarnya memang kemangi dan jeruk. “Silakan coba Kemaruk, sangat menyegarkan, ” katanya, didampingi Humas Novi dan Pemasaran Ari, kepada Sidoarjokini di kantor Kecamatan Sukodono, tadi siang.

Indar menambahkan, minuman Kemaruk enak dikosumsi dalam kondisi dingin. “Selain menyegarkan, juga bermanfaat menghilangkan bau badan, ini faedah dari daun kemanginya,” katanya.

Saat ini anggota Komunitas UMKM Binaan Kecamatan Sukodono mencapai 120-an orang. Mayoritas produksi kuliner, makanan dan minuman. “Selain kuliner, juga ada craft, mukena, tas rajut, tas kanvas dan banyak lagi,” tambahnya.

Sebagian produk unggulan UMKM Sukodono ini, dipajang di dalam galeri UMKM yang baru sebulan disediakan di area kantor Kecamatan Sukodono.

Di kalangan pejabat di Sidoarjo, Camat Sukodono memang dikenal sangat getol mengangkat UMKM-nya.

Untuk pemasaran, sejauh ini masih di seputaran Sukodono dan Sidoarjo saja. “Mengenai daya beli masyarakat di sini sangat bagus, untuk mukena harga Rp 250 ribu aja, laku keras,” katanya.

Minuman Kemaruk, diakui mereka, makin diminati warga Sukodono. “Minuman ini tanpa bahan pengawet, daya tahan maksimal seminggu, setelah seminggu kita ganti yang baru,” katanya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *