Sekdis Peternakan Prov Jatim: Jangan Takut Mengkonsumsi Daging Qurban

SIDOARJO – Masyarakat diimbau tidak perlu takut mengkosumsi daging qurban sapi, kambing atau domba, dengan merebaknya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap ternak, ini karena wabah PMK tidak menular kepada manusia.

Ini disampaikan Sekretaris Dinas (Sekdis) Peternakan Provinsi Jawa Timur Dr. MHD. Aftabuddin RZ, S.Pt.,M.Si saat hadir dialog interaktif di panggung utama “Gelar UMKM & Festival Santri 2022” oleh MWCNU Sukodono, di lapangan Masangankulon, Sukodono, Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (18/6) malam.

Menurut Attabuddin, silakan masyarakat merayakan Idul Adha dengan menyembelih dan mengkonsumsi daging qurban sapi atau kambing seperti biasanya. “Tidak ada masalah, karena wabah PMK ini, sekali lagi, tidak menular kepada manusia (bukan penyakit zoonosis),” ujarnya seraya menambahkan bahwa Dinas Peternakan Pemprov Jatim dalam waktu dekat akan melakukan vaksinasi untuk hewan ternak di Jatim.

Sementara itu, Ketua DPD Perempuan Tani HKTI Jatim Dr. Lia Istifhama, S.Sos.I., S.Sos, S.H.I, M.E.I yang hadir juga sebagai nara sumber, lebih membahas pentingnya mengkonsumsi gizi yang baik bagi anak-anak melalui gerakan minum susu dan daging sehat.

Di hadapan ibu-ibu nahdliyin Sukodono, Ning Lia menghimbau kepada ibu selalu peduli gizi yang baik bagi anak-anak, minum susu dan mengkonsumsi daging sehat.

“Jadi, Ibu-ibu jangan takut makan daging qurban ya, sudah dijelaskan Pak Sekdis Peternakan Pemprov Jatim tadi, wabah PMK tidak menular kepada manusia,” jelas Ning Lia.

Seperti diketahui, saat ini, masyarakat Indonesia dikejutkan dengan merebaknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Penyakit ini adalah penyakit infeksi virus (family Picornaviridae) yang menular pada hewan berkuku genap/belah (cloven-hoofed).

Nama lain penyakit ini antara lain aphthae epizootica (AE), foot and mouth disease (FMD).(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *